Follow Me @fergiana.s

Saturday, November 1, 2014

Awal dan Akhir

Hoh udah November. Bulan dimana gue jarang nabung dan menghabiskan kertas warna merah dan biru. Hem, bulan ini banyak banget yang ultah, just bear with it lah ya? Setaun sekali pelit amat si gue! /lah.

Malam ini gue ingin berbagi tips untuk anak-anak yang masih status pelajar cara berhemat 'sementara' ala fergiana!

Nah, biasa nya uang jajan anak-anak zaman sekarang diambilnya per bulan, kayak gaji om-om kantoran kan? Dan biasanya pada awal bulan wajah mereka terlihat berseri-seri dan sering meletakkan dompet di depan muka. Tapi.. Bagaimana dengan akhir bulan? Wah para cewek langsung galau dan keliling monas 7 kali. Mengeluarkan di hari muda menabung di hari tua. Terbalik bukan?

Nih gue ingin kasi tips agar kalian yang ngambil uang per bulan bisa hemat selalu.

1. Ke sekolah/univ bawa uang secukupnya saja. Ga udah bawa sekeluarga!
2. Tahan hasrat anda untuk belanja hal-hal yang 'tak terlalu'dibutuhkan di awal bulan.
3. Kalau bisa di tengah bulan mulai ngirit.
4. Akhir bulan? Tabung!
5. Awal bulan lagi? Yak karena masih ada sedikit sisa di bulan kemarin, uang 'baru' di tabung.
6. Teman ultah? Tarik dari tabungan!
7. Bila sudah melewati 2 bulan mungkin kau akan puas dengan 'tabungan' mu dan membelanjakannya, menyumbangnya, berleha-leha deh pokoknya.

Kalau gue sendiri:

1.Karena gue uang jajan dikasih 2 hari sekali jadi caranya agak berbeda.
2. Dua hari(senin-selasa) dapat 50k. 50k ini bisa gue pakai selama empat hari. Jadi 50k yang dikasi (untuk rabu-kamis) gue tabung.
3. Setelah udah numpuk, lembaran-lembaran biru ini gue bawa jalan-jalan ke toko buku.
4. Cari mangsa, set! Beli.

Cara ini ga selalu efektif sih, banyak sekali halangan yang terjadi saat gue menabung 'sementara'. Seperti harga telur naik seribu. Itu tak bisa diantisipasi dah, seribu itu sangat bermakna loh! Angkot untuk pelajar 3k kalau gue cuma punya 2k? Yah pulang nya gimana dong... Jalan kaki :|

Makanya, seribu itu bermakna! Nilai apa pun itu mau besar atau kecil pasti lah memiliki peran masing-masing yang penting. Seperti jumlah IPK gue yang 5,00 ini /ngaco/

Nah gue curhat bentaran dah sebelum nutup. Malam minggu ini lagi-lagi gue gelap-gelapan lagi. Main lilin sampai tangan gue meleleh dibuatnya. Sungguh! PLN ini suka banget sama halloween. Dari minggu kemaren sudah rayain aja. Matlam nya ga nanggung-nanggung. Laptop gue low bat pulaa. Alhasil dengan wajah kusam berkeringatan gue ngetik post kali ini. Dan lagi-lagi pendek, selalu begitu ckck. Mungkin gue memang ga bisa ngetik banyak, phew.

Oke, gue mau ngepel lantai yang kena tetesan lilin dulu. Silahkan di cicip ya tips nya! Semoga berguna :D

No comments:

Post a Comment