Follow Me @fergiana.s

Saturday, June 10, 2017

Bisa atau Suka

Hai kamu, iya kamu. Apa kabare? Yang lagi puasa lancar!? Yang belum buka mana!? Yang lagi nengokin foto mantan mana!? Eh ngga sih ya, toh lagi mantengin tulisan ku haha. Okedeh malam ini sedikit sharing aja mengenai ‘suka’ dan ‘bisa’.

Kawan-kawan (cieak friendzone) sekalian tau banget kan perbedaannya? SUKA itu apa dan BISA itu apa? Yah kalau suka ya suka, suka makan yang pedes-pedes, suka main game, suka shopping, suka stalking (mana yang suka stalk mantan? Hayoloh bulan suci gaboleh bohong).
Pokoknya suka!

Kalo bisa? Bisa ya bisa lah! Bisa gosok gigi sendiri, bisa nulis, bisa baca, bisa stalking sambil jungkir balik. Pokoknya bisa deh!

Bingung? Okedeh,

Suka dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti: berkeadaan senang (girang)
Bisa dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti: mampu (kuasa dalam melakukan sesuatu)

Simple banget kok kalau sekedar pengertian, namun kalau mau mendalami sebenarnya ada banyak sekali hal yang dapat kita ambil hikmahnya.


Gue ingin tanya nih, bagi kalian yang sedang kerja, masih sekolah. Kalian suka nggak sama pekerjaan yang sekarang? Buat adek-adek yang masih sekolah, suka nggak sama pelajaran yang kalian kuasai?
Sekedar flashback, dulu gue pas SMK ambil jurusan Multimedia. Kenapa? Yah pikiran gue Mulmed ada kaitannya sama ‘gambar’ karena gue SUKA dan BISA(lumayan wahahahhh). Dan setelah ditelusuri ternyata di Multimedia itu buanyak banget! Mengenali komputer, berbagai macam software diperkenalkan, melukis, dll.

Kalo sekarang? Gue kerja sebagai Graphic Designer, tapi gue bukan suka melainkan bisa. Bicara pekerjaan, kalian suka atau bisa? Cita-cita kalian kedepannya apa? Terus kalau kesukaan kalian berbeda dengan apa yang kalian kerjakan kenapa?

Yah, cita-cita gue itu jadi seorang penulis. Dan banyak sekali yang menganggap remeh cita-cita gue. Gak ada dukungan malah adanya kritik-kritik negatif bukan membangun. Terus kalau penulis kenapa gue kerjain yang lain?


Planet yang kita cintai ini sedang krisis ekonomi. Angka pengangguran semakin merah. Jadi tidak heran banyak orang yang sudah bekerja tidak rela berhenti karena susah sekali mencari lowongan. Suka dengan suatu hal itu bagus kalau positif. Mau jadiin hal yang kamu suka? Itu lebih bagus.

Segala sesuatu itu memiliki proses kawan (eak friendzone lagi). Gue saat ini kerja untuk mengumpulkan aset masa depan. Design dan menulis disaat yang bersamaan? Bisa, meski jarang banget. Gue ini orangnya susah banget sih ngatur jadwal, lagi belajar juga. Apakah ini rasanya menjadi dewasa? (ini gaje jadi abaikan).

Jadi orang boleh kok realistis, tetapi hai para manusia, janganlah engakau salah dalam berkata-kata. Tahukah engkau bahwa senjata paling mematikan adalah kata-kata yang keluar dari mulut anda?

Seperti anak-anak yang suka bermain gitar dan menyanyi di kelas dan kemudian ditegur guru. Apa katanya? "Mau jadi apa engkau kalau gak belajar malah main gitar terus?". Seperti seorang anak yang suka menggambar dan ditegur orangtua "Buat apa kamu gambar terus, nanti kalau besar mau jadi apa?". Atau seorang anak yang suka main game, "Apa-apaan kamu main game? Kapan belajarnya? Mau jadi apa nanti?"

Hello? Anak yang hari itu kau tegur dikelas saat bermain gitar memiliki talenta dalam dunia musik. Anak yang suka menggambar itu nantinya akan menjadi seniman hebat. Anak yang suka main game? (siapatahu) jadi pro gamer nantinya.

Susahkah kalian melihat hal positif dalam segala hal? Kenapa sering lihat sisi negatifnya? Memang setiap hal memilki kedua elemen tersebut. Tetapi hal yang gue percaya itu positif selalu baik. Dukunglah apa yang anak/teman/kerabat/siapapunlah disekitar anda. Buat apa kalian menjatuhkan mereka? Enak banget ya rasanya? Atau malah sirik?

Guys guys, intinya gue pingin bilang cintailah sesamamu (ini tidak ada kaitannya dengan LGBT). Teman kalian suka nari? Dukung dia! Teman kalian suka masak? Dukung dia! Teman kamu lagi salah 'arah'? Nasihati dia! Kamu suka stalking mantan? STOP, move on dude.

Ekhem, Bagi kalian yang belum bekerja, nikmati situasi kalian saat ini! Cari apa yang kalian suka, jangan cuma dinikmati tapi gak mikir masa depan loh ya! Hidup ini bukan kayak jalan tol, tapi kayak ombak. Gak selalu stabil. Yuk pupuk masa depan kalian sendiri!

Bagi kalian yang belum diterima saat lamar kerja, tidak apa! Kalian bisa sambil mengembangkan skill kalian di hal yang kalian suka sambil mencari lowongan kok! Jangan patah semangat.

Bagi kalian yang saat ini bekerja apa yang kalian suka, jangan pernah berhenti belajar ya. Semua hal itu harus ada perkembangan, jika saat ini kamu hanya karyawan suatu saat kalian jadi bos-nya! Jika kalian sudah menjadi bos, jangan berhenti berkembang juga! Cari lagi hal-hal lain yang kalian tertarik. Terus berkarya deh.

Bagi kalian yang saat ini bekerja karena bisa. Tidak apa-apa kok, santai saja. Asal kalian tidak labil dan terus jalani suatu saat nanti gue yakin kalian bisa melakukan apa yang kalian suka! Well, 'suka' dengan suatu hal ga harus satu saja sih. Ini cheesy banget tapi ada benarnya. "Do what you love and love what you do"



Sebenarnya masih banyaaaaaak sekali yang ingin gue tulis di topik ini. Tapi gue kayak tenggelam di imajinasi sendiri sampai kehabisan kata-kata :')

Jadi sekian dulu deh post kali ini, kalau boleh tanya cita-cita kalian apa? Kalian statusnya bekerja atau masih pelajar? Bagi yang pekerja suka atau bisa yak? #kepohabis
Comment down below ya! (ga wajib sih cuma kepo :v)
CIAO~

16 comments:

  1. Gw dukung cita cita kamu kok :)

    ReplyDelete
  2. Statusnya jomblo nih wakwkwwkkwk

    ReplyDelete
  3. gua?? pengen aja gitu
    gak suka2 kali
    gak bisa2 kali lol 😂😂

    ReplyDelete
  4. gua?? pengen aja gitu
    gak suka2 kali
    gak bisa2 kali lol 😂😂

    ReplyDelete
  5. Hmm gua statusnyaa guru Mandarin,suka Sama perkerjaan in,tapi kurang bisa dalam Hal mengajar hahaha,lagi Cari pengalaman loo,don't worry we will always support you,wait for the next post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat mengajarnya wahaha, thankyou!

      Delete
  6. Cita2 gw itu membuat gambar menjadi pekerjaan tetap muehehe

    ReplyDelete
  7. Cita2 gw itu membuat gambar menjadi pekerjaan tetap muehehe

    ReplyDelete
  8. Pengen jadi teroris 😂, ahaha canda ajaa . Pengen sukses di masa depan sja 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. Semua orang juga pengen sukses. Spesifiknya dalam hal apa gitulo :O

      Delete
  9. Keren Selalu, keep up the good work.

    ReplyDelete