Follow Me @fergiana.s

Saturday, May 26, 2018

Garis Waktu


Aku tidak pernah memperhatikan waktu, maksudku setiap detik, menit hingga jam aku tidak benar-benar memperhatikannya. Menurutku hidup ini berlangsung bersamaan dengan waktu. Jadi waktu itu penting. Sebenarnya ada pertanyaan besar di benakku, bagaimana sih cara menikmati waktu yang kita jalani? Toh masing-masing orang memiliki kesibukan masing-masing kan? Jadi apakah ada seseorang yang memperhatikan hal-hal seperti ini?


Uhm… Aku sih sadar, untuk sesaat saja. Terkadang aku juga lupa perkara kecil mengenai peran waktu yang sesungguhnya sangat penting. Ada moment-moment tertentu dalam hidup aku yang berjalan amat lambat tapi aku menikmatinya. Tidak lama palingan 2-3 menit, bersyukur. Dan itu tidak terlalu sering dalam sehari-hari, biasanya terjadi di event khusus. Yang paling aku ingat adalah moment dimana aku berdiri di atas panggung besar di Universitas Malang. Ulas balik sedikit tidak apa lah ya hehe.

Itu adalah pertama kalinya aku berdiri di hadapan ribuan orang, iya bukan ratusan aku melewati tahap itu, tetapi ribuan! Berdiri dihadapan orang-orang di seluruh penjuru Indonesia, bangga? Aku berbohong jika berkata tidak.

Aku tidak pernah menyangka dapat meraih harapan 1 di bidang Graphic Design, jujur aku sedikit anggap remeh mengenai lomba ini. Buktinya aku gak benar-benar belajar, merupakan tamparan besar untukku sebenarnya karena bisa mendapatkan harapan 1 dengan niat yang yah… Setengah-setengah. Tapi mau dikata apa lagi? Yang berlalu biarlah berlalu! Saat itu aku masih ingat keramaian di depan, kiri, kanan orang-orang ramai mengambil foto-foto kami para juara. Guys! Aku gatau harus gemetar atau gimana! Yang pasti begitu nama aku dipanggil, memunculkan wajah dan asal aku di proyektor semua berubah jadi lambat.

(Btw itu audience-nya di sisi kiri kanan depan diatas juga, jadi ga kefoto hehe)

Aneh, tapi aku begitu menikmati tiap detiknya, aku masih ingat berusaha membelah keramaian menuju panggung, tidak sulit sebenarnya, bahkan mereka sengaja membuka jalan untukku. Beberapa juga sedikit kaget ternyata si ‘harapan satu’ duduk berada di dekat mereka. Alih-alih tersenyum senang aku bahkan lupa ekspresi apa yang aku tunjukkan malam itu, saking senangnya. Saat itu aku berharap semua ini dapat kukenang, dapat kuingat terus. Waktu itu berharga, ia tidak pernah lalai dalam pekerjaannya, merekam merekam dan merekam. Aku mengagguminya.


Selain itu ada juga moment hari ulang tahun kedua orangtua ku. Setiap tahunnya ketika mereka meniup lilin saat itu juga aku sadar, mereka hari ini bertambah umur. Sebenarnya aku sedih, aku sempat berharap ingin memberhentikan waktu saat itu juga. Tapi siapa yang kuasa? Karena itu aku hanya bisa bersyukur dan menikmati saat-saat tersebut. Sungguh aku senang masih bisa merayakannya bersama mereka, tapi apakah bisa aku lakukan lagi 30, 40, 50 tahun mendatang? Itu cukup singkat. Waktu tidak pernah mengenal kata lelah, ia tidak pernah bosan mengetuk garis-garis kehidupan, waktu itu kejam. Dan aku terkadang membecinya.

Ada juga kejadian yang tidak menyenangkan tapi kita bersyukur saat mengalaminya, moment-moment dimana ketika kita sedang menghapi masalah ditemani waktu, bersama teman-teman sejati. Waktu akan menjadi saksi-saksi dalam kehidupan kita, segalanya akan berakhir baik maupun buruk tidak jadi masalah, sebab ia akan membuktikan segalanya. Waktu itu salah satu hakim terbaik sekaligus pendamping hidup kita.

Akhir kata aku akan menjawab pertanyaanku sendiri, bagaimana cara menikmati waktu yang kita jalani? Sesekali hiruplah oksigen sekitar mu, lihat sekitar mu terutama langit, favoritku. Semua itu adalah bukti bahwa waktu selalu menyertaimu, bersyukurlah selalu, jangan mengeluh! Kamu ada teman seperjuangan kok, ia selalu setia, tidak kenal lelah dan tentunya menemani mu hingga detik-detik terakhir.

Aku sendiri juga akan mulai aware dengan ‘waktu’ ini, sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat.


Thank you so much sudah luangin waktu untuk membaca konten ini, jangan lupa react, comment dan share! Komentar kalian selalu berarti buatku! See you guys on the next post, CIAO~

(P.S: Update setiap malam minggu, untuk info postingan bisa di cek di story ig ku @fergiana.s)

2 comments:

  1. inspiring post, akhir akhir ini aku sering boros waktu. jadi post ini bisa sebagai pengingat untuk menghargai waktu

    ReplyDelete
  2. setuju bgt, setelah baca ini yah smoga bs lebih menghargai waktu dan tdk banyak ngeluh ����

    ReplyDelete