Follow Me @fergiana.s

Saturday, April 14, 2018

Resensi Novel: Pembunuhan atas Roger Ackroyd (The Murder of Roger Ackroyd) Agatha Christie



Judul: Pembunuhan atas Roger Ackroyd
Pengarang: Agatha Christie
Penerjemah: Maria Regina
Tebal: 352 halaman; 18cm
Cetakan kesepuluh: Juli 2017
ISBN: 978-979-229-214-5

Buku ini adalah buku pertama dari Agatha Christie yang kubaca, lebih tepatnya buku genre thriller pertama untukku. Mengingat bahwa buku ini termasuk salah satu karya terbaik dari Agatha, awalnya kupikir gaya penulisannya berat, selang membaca beberapa halaman aku terlanjur hanyut.


Sinopsis:
Roger Ackroyd tahu terlalu banyak. Ia tahu bahwa wanita yang ia cintai meracuni suami pertamanya yang kejam. Ia juga curiga bahwa wanita itu diperas seseorang. Dan kini… wanita itu bunuh diri. Malam itu Roger menerima sepucuk surat berisi informasi yang sangat fatal. Sayang sekali, sebelum ia sempat membaca surat itu sampai selesai, seseorang menikamnya hingga tewas. Hercule Poirot pun terpaksa menunda masa pensiunnya untuk menyelidiki kasus ini.


Gaya penulisan Agatha Christie sederhana dan mudah dipahami, meskipun cakupan investigasi sangat meluas tapi tidak membuat pembaca bosan. Terlebih lagi membuat kita berandai-andai hingga menebak siapa sebenarnya pelaku dari pembunuhan tersebut bahkan mendengus ketika salah tebakan.
Roger Ackroyd termasuk dalam salah satu orang penting di King’s Abbot, kota tempat ia tinggal. Malam ketika ia menerima surat berakhir dengan tragedi dan misteri yang melanda, ia ditikam dan meninggal di rumahnya sendiri, Fernly Park. Kekayaan Roger Ackroyd tidak dapat dibayangkan, toh dianya adalah seorang tuan dan industriawan sukses. Seluruh kekayaan itu sekarang akan diwariskan ke orang-orang pilihannya, termasuk Ralph Paton anak tirinya yang meskipun suka bermain-main namun disenangi oleh warga setempat.

Hercule Poirot, detektif terkenal baru saja pindah ke King’s Abbot gagal pensiun demi mencari kebenaran di balik pembunuhan ini. Disela-sela penyelidikan, segala bukti tertuju hanya pada satu orang, tapi apakah benar orang tersebut pelakunya?

Setelah membaca karya ini aku terhasut untuk membeli karya-karya lain dari Agatha Christie! Pembunuhan atas Roger Ackroyd dikemas dengan alur yang tidak membosankan dan mempermainkan emosi pembaca. Agatha Christie berhasil membuat para pembaca menganga dan mengacungkan jempol, sungguh situasi fakta-fakta yang terungkap sangat jenius, tidak heran jika buku ini termasuk dalam karya terbaiknya. Aku pribadi sangat merekomendasikan buku ini, segera masukkan ke daftar buku yang harus kalian baca ya!

“The truth, however ugly in itself, is always curious and beautiful to seekers after it.” –Agatha Christie, Murder of Roger Ackroyd.


Thank you so much sudah luangin waktu untuk membaca konten ini :) jangan lupa react, comment dan share! See you guys on the next post, CIAO~

(P.S: Update setiap malam minggu, untuk info postingan bisa di cek di story ig ku @fergiana.s)

1 comment:

  1. hm, untuk ke detailan mungkin untuk review novel bisa dibuat dari berbagai fokus:
    -cara penulisan
    -story
    - karakter
    -enjoyment
    -etc

    ReplyDelete